Jamu Dalam Keseharian Masyarakat, Salah Satu Solusi Sehat Indonesia

Zakiatul Hidayati

Seorang istri, ibu dengan dua anak, blogger, mantan karyawan telco, sedang belajar menjadi mompreneur dan writer. Co-founder toko online : NuansaMuslim.com. Saya bisa dihubungi di email wishbeukhti(at)gmail(.)com

You may also like...

28 Responses

  1. rudjay99 says:

    Tulisannya bagus, pasti akan bermanfaat untuk banyak orang :)

  2. Komplit banget tulisannya mbak. Sukses ya lombanya ^^

  3. Benny says:

    Semoga menang ya. Saya juga mau ikutan. Ditunggu mampir dan komenya juga di sini: My Blog My Adventure

  4. Ety Abdoel says:

    Kunyit Asem kesukaanku Mba.. seger dibadan dan kalau pas menstruasi, badan nggak pegel-pegel..

  5. Rodame MN says:

    wah, ulasannya menarik mak, good luck :)

  6. Aku juga termasuk orang yang suka jamu sejak lama… Bahkan waktu masih SD nih aku sudah ikut2an mama minum jamu gendong yang tiap sore selalu mampir ke rumah kami… Lalu saat menginjak remaja aku dibelikan mama jamu kemasan untuk gadis remaja yang diiklankan oleh Chicha Koeswoyo… Katanya sih bila minum jamu itu nantinya gadis2 remaja akan tumbuh dengan sehat dengan bentuk tubuh yang langsing tidak gemuk… Nyatanya sampe sekarang ini aku bener2 langsing lho, hehe… Kalau jamu gendong aku meminumnya hampir setiap pagi… Kebetulan di warung kecil pinggir kantorku ada embok jamu yang menjual jamu gendong… Bila tak minum jamu badan terqasa gak enak dan mudah sekali masuk angin serta badan pegal2…. Bila seudah demikian si embok jamu akan menambahkan kuning telor ayam kampung serta minyak angin kedalam jamu…dan tubuh akan terasa segar kembali… Itulah khasiatnya jamu warisan kuliner asli Indonesia… Selamat ngontes ya Mak semoga menang…

    • bisa jadi bener tuh mak… saya dulu waktu mens pertama kali, disaranin sama ibu minum jamu khusus untuk gadis yg baru mens, lupa nama jamunya, kalo gak salah inget namanya galian putri atau apa gitu… dan kalo diinget-inget, saya berat badannya melebihi ideal itu hanya pas lagi hamil.. itu pun maksimal 56kg :D habis lahiran ya langsung balik ke berat badan semula..

      wallahu’alam apakah memang ada pengaruh dari jamu itu ya mak… kakak perempuan saya juga gitu soalnya, sama kayak saya :)
      jamu memang banyak manfaatnya, semoga jadi kebanggaan kita semua
      makasih supportnya ya mak :)

  7. irowati says:

    Gara-gara jamu ilegal itu mbak… bapak saya kena batu prostat dan harus operasi… memang kt harus selektif dalam meminum jamu ya mbak…sukses lombanya ya…

    • ya Allah mbak… semoga ayahnya bisa sehat kembali ya :(
      bener mbak, bahaya banget jamu-jamu yg ilegal itu, apalagi mereka mau untungnya aja tanpa memikirkan dampaknya, harus diberi efek jera dari pemerintah (semoga pemerintah bisa diharapkan :| )

      makasih supportnya ya mbak :)

  8. rinasusanti says:

    perihal jamu mengandung bahan kimia berbahaya harus di tindak tegas ya mak

  9. setuju mak… nyawa taruhannya soalnya ya…
    yg produksi jamunya punya beban moral atas produknya (harusnya…)
    semoga ada efek jera bagi produsen jamu yg nakal

  10. Salam kenal Mak Zakia.. :)
    Kadang kandungan BKO itu yg memang bikin parno mak.. makanya, lebih memilih beli jamu di produsen yang memang sudah punya reputasi baik atau kita liat sendiri dia ngeraciknya gimana..

    • Salam kenal juga mak :)

      Setuju mak, lebih baik hati-hati di depan daripada menyesal belakangan.
      Kadang karena yg ngereferensiin org dekat yg dikenal baik juga bisa membuat org mau mengkonsumsi jamu tsb ya mak.. pokoknya hati-hati tetep kudu

  11. Lidya says:

    jamu berkhasiat asal pilih jamu yang betul ya

  12. Mugniar says:

    Sekarang makin banyak yang suka nanam pohon sirsak Mak, di halaman, ayah saya juga nanam sirsak … sudah beberapa tetangga minta daunnya, khasiatnya ternyata macam2. Yang minta itu tetangga yang paham dengan pengobatan tradisional

  13. Ovy says:

    Waah artikelnya sungguh bermanfaat, saya suka blog dan gaya penulisannya. Jamu tidak hanya murah tapi berkhasiat sebagai obat herbal yang tidak miiliki efek samping. Semoga jamu tetap bertahan sampai kapanpun :-)

  14. galuh says:

    jamu ini memang tak lekang oleh waktu, dari zaman ke zaman selalu ada hehehe

  15. Shendy W says:

    wah luar biasa lengkap sekali artikel tentang jamunya. Jamu memang salah satu warisan budaya kita dalam dunia pengobatan. Kalo saya bilang sih jamu itu nenek moyang dari herbal juga khususnya di Indonesia karena sama-sama menggunakan bahan dari alam. Hanya saja memang banyak produsen jamu yang terkadang membandel dengan menggunakan bahan kimia dalam campurannya. Menurut saya disitulah peran penting pemerintah dengan menerbitkan POM TR khusus untuk produk2 jamu. Lebih baik kalau memilih jamu yang sudah memiliki izin edar dari depkes biar aman, sama halnya dengan herbal.

  16. Sehatpos.ga says:

    Apalagi jamu gendong mba. Saya dulu suka kangen sampai nungguin mba yu nya lewat

  17. vitri says:

    jamu adalah obat tradisional yang lumayan ampuh untuk tubuh kita ,tapi kalau saya tidak suka begitu minum jamu .Jamu yang biasa saya beli hanya lah jamu kunir asem atau beras kencur karena rasanya yang tidak terlalu pahit.

  18. Mas Andi says:

    Bagus mbak artikelnya sangat menarik dan jga lengkap, bisa menjadi referensi mengenai jamu sebagai obat tradisional

  19. @All : terima kasih banyak kunjungannya, semoga ada manfaatnya ^_^
    salam hangat dari Bintaro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

%d bloggers like this: